Skip to main content

SEKILAS TENTANG (BLOG) GUE [PART 1]

SEKILAS TENTANG (BLOG) GUE

 = PART 1 =

Sebenernya udah lama banget pengen nulis ini postingan. Tapi gegara nyuri-nyuri kesempatan buat nulis itu susah dan kalopun ada waktu  kebetulan gue lagi males nulisnya.

Penting gak penting sih gue nulis postingan ini. Tapi gue ngerasa perlu juga gue nulis ini postingan. Dengan sangat di sesalkan gue nulis postingan ini HANYA dalam bahasa Indonesia saja. Pengennya sih di translate ke English juga, secara menurut statistic blog, pengunjung blog ini gak cuma dari Indonesia aja. Sejujurnya, pertama, gue mengakui kemampuan English gue belum bisa di bilang hebat, apalagi grammarnya. Itu bikin gue gak pede buat translate ini postingan ke English Version. Nah ka nada Google Translate? Kenapa gak pake fasilitas itu aja? Gue juga bukan gak mau make fasilitas itu, hanya saja hasil translate-nya terkadang ada beberapa kata yang kurang nyambung dengan yang gue maksud. Jujur, itu bikin gue males. Tapi ke depannya moga aja lah ya postingan-postingan (selain lirik lagu) di blog gue ini tersedia dalam berbagai macam bahasa. Amin amin

Nah kenapa gue bikin ini postingan?
Sebenernya sih tujuannya cuma mau menegaskan dan memberitahukan bahwa di blog gue ini isinya apapun yang pengen gue posting. Jadi engga akan focus hanya pada satu hal.

Sejak awal di bentuknya blog ini –jaman gue SMA, sekitar tahun 2009- emang blog ini tujuannya ngepost apapun sih. FYI, ini blog sebenernya awalnya cuma project tugas sekolahan aja. Bisa di liat di postingan-postingan yang muncul di tahun  2009-an. Itu isinya gak hanya informasi, ada juga puisi dan quotes. Sebenernya sih postingan info, puisi ama quotes itu juga awalnya cuma postingan yang di buat buat nambah nilai aja. Secara guru TIK gue mantau blog gue saat itu. Kalo postingannya banyak, minimal per bulan ada, nilai di tambah. Termasuk design blognya juga. Itu juga jadi nilai tambah. Cerita ya, dulu gue sempet gonta-ganti design blog. Mulai dari design yang emang dari bloggernya sendiri. Ganti pake design template yang gue ambil dari pimp-my-profile.com pun dijabanin. Dulu sih gue nyetting ini blog templatenya pake Hello Kitty dan bahkan gue sempet pake Pandawa 5sebagai foto profilnya. Secara gue suka banget Hello Kitty sama perwayangan.

Lanjut ke tahun 2010, blog gue sempet vakum lama alias engga ada postingan apapun. Itu karena gue mikir, apa yang musti gue posting. Ngapain di blog? Gue bahkan gak inget punya blog.
Itu karena, gue sibuk sama tugas-tugas sekolah dan les. Waktu mepet. Dulu gue belum punya internet connection sendiri, jadi harus ke warnet kalo mau maen internetan –bahasa gue ini apa banget deh-.
Sebenernya sih di entah di pertengahan entah di akhir tahun 2010, gue sempet ngepost FF bikinan gue. Beberapa FF  pernah gue post. Hanya saja, karena waktu itu lagi marak-maraknya plagiat FF dan gue takut FF gue juga ada yang plagiatin, makanya gue hapus semua FF yang pernah gue posting di blog. Endingnya, FF gue cuma di post di facebook dan fanpage yang gue adminin.
FYI aja nih, kenapa gue parno banget sama yang namanya plagiat. Itu karena dulu, jaman gue SMP, gue suka banget nulis puisi. Ampe ada ribuan puisi yang gue bikin. Temanya beragam. Beberapa puisi bahkan sangat pendek. Nah, puisi-puisi pendek yang bertema soal CINTA, ASMARA dan sejenisnya hasil buatan gue itu, di plagiatin sama TEMEN GUE SENDIRI. Gue caps tuh, DI PLAGIAT SAMA TEMEN GUE SENDIRI. Ketangkap basah dan dia ngaku sendiri. Sakit hati banget tau enggak? Secara meskipun itu hanya puisi pendek –dan jelek- tapi tetep aja gue bikinnya pake mikir bahkan terkadang juga pake air mata –bahasa gue-. Itulah alasan kenapa gue parno karya-karya gue di plagiat, gue benci karya-karya plagiat –apapun bentuknya, lagu, music, cerita, senimannya, aktornya, artisnya, apapun bentuknya pokoknya-, gue benci plagiator dan bahkan gue benci karya-karya hasil plagiat.
Karena menurut gue, tindakan plagiat itu hanya menunjukkan betapa bodohnya si plagiator tersebut. Kenapa? Karena dia tidak mampu menghasilkan sebuah karya original, murni buatannya sendiri. Apa lagi kalo udah alasannya ‘terinspirasi’ sementara  itu karya jelas-jelas plagiat, udah deh gue males. Kenapa juga gue sebut bodoh? Karena si plagiator engga bisa mengembangkan dirinya dan memaksimalkan kerja otaknya yang jelas-jelas kalo dia emang beneran ada kemauan dan ingin berkarya, kembangin tuh otak, pake mikir sedikit keras, jangan mau langsung enaknya aja taunya bermasalah. Kalo emang ada kemauan, pasti mereka –para plagiator- itu bisa membuat sebuah karya yang bagus koq. Percaya deh. Asal kan mau dan percaya diri. Gak perlu takut hasil karya lo bakalan jelek. Jangan dengerin apa kata orang, yang penting itu karya MURNI buatan lo sendiri. INGAT, PLAGIAT ADALAH TINDAKAN KRIMINAL juga lho.

Okesip, lanjut ke tahun 2011. Sebenernya gue masih bingung nulis postingan-postingan apa gitu di blog gue ini? Yang seru, unik, banyak yang suka apa begimana lah. Sampe endingnya gue kepikiran buat bikin blog ini blog khusus lirik. Lirik-lirik lagu Korea pastinya.
FYI, gue kenal K-pop, K-drama itu sejak jaman gue SD. Saat itu lagi booming-boomingnya Drama Endless Love, Full House, Stairway to Heaven, Memories in Bali di TV-TV nasional. Emang sih awalnya gue kenal Korea juga dari serial-serial Mandarin yang emang rame banget jaman taun 2000-an itu kan ya? Saat itu gue suka banget nonton serial Mandarin sama MAMA dan sepupu gue. Tiap ada drama Taiwan-Mandarin, pasti deh kita pantengin. Sampe akhirnya adalah drama Korea yang muncul di tengah ramainya serial Mandarin itu. Di sanalah titik awal gue suka Korea. Cuma aja dulu kan gue masih anak-anak ya. Anak SD jaman dulu tau apa lah soal internet dan engga akan menjelajah jauh-jauh. Beda ama anak SD jaman sekarang. Anak TK bahkan udah kenal internet dan gadget. So, masih mau ngatain gue newbie yang sok tau?
Kenapa gue baru ngepost soal Korea atau baru di bahas tahun 2011-an kalo emang udah suka K-pop dan K-drama sejak kecil?
Jujur itu karena emang saat gue SD, gue gak ngerti apa-apa soal fans K-pop. Bahkan gue suka K-pop ya jalanin biasa aja lah. Karena emang belum ngerti di tambah lagi saat itu gue belum kenal internet. Keseharian gue saat itu cuma sekolah, ngaji, belajar, diem di rumah, nonton, main, tau sendiri lah anak kecil JAMAN DULU kerjaannya ngapain. Nah pas jaman SMP, gue mulai tuh suka beli-beli majalah. Gak usah di sebut ya majalah sama tabloidnya apa, entar gue di sangka promosi dan dagang lagi. Tau sendiri lah ya majalahnya apaan. Pas SMP itu, emang rajin beli majalah, tapi beritanya kadang engga gue baca semua. Saat itu juga gue engga sempet maen sama internet. Karena gue disibukkan dengan kegiatan di sekolah dan ekstrakuliluler. Latihan dari pagi ampe sore. Kalopun ada waktu senggang, gue nulis puisi ama cerpen.
Memasuki masa SMA lah gue mulai serius di jalan K-pop. Selain karena ada sahabat gue –gak usah sebut nama ya, entar dia tenar, banyak fans, ada sasaeng fans, menderita, tersiksa, kasihan- #abaikankatakataini, sahabat gue yang demen banget apa K-pop, gue mulailah mempelajari Hangeul. Lisan dan tulisan. Termasuk dance ala K-pop nya juga gue ulik. Nah karena gue udah serius mengenal Korean dan ada sarana juga, mulailah gue maen-maen ke internet buat nyari-nyari informasi dimana gue bisa dapet lirik lagu-lagu Korea yang gue suka, artis-artis Korea yang gue suka, pokoknya nyari semua informasi soal Korea. Sampai pada akhirnya, gue berani maen-maen ke www.daum.net –sebuah situs bikinan Korea, googlenya Korea lah itu-, isinya udah pasti Hangeul semua ya. Nah, gue nyari-nyari lirik lagu yang asli Hangeul semua dari DAUM itu dan gue romaji-in sendiri. Awalnya sih cuma buat ngelancarain gue baca Hangeul dan iseng-iseng koleksi lirik lagu-lagu Korea yang gue suka. Tapi setelah gue pikir-pikir lagi –dan gue inget ada blog yang terbengkalai-, gue pake lah lirik-lirik lagu Korea yang gue dapet dari DAUM itu sebagai postingan blog gue. Makanya kalo gue ngepost lirik suka ada cr: mucic.daum.net kan ? Itu karena emang kalo gue udah dapet dari DAUM, kadang gue engga berkunjung ke blog atau situs lain yang juga memposting hal yang akan gue posting. Maen ke blog atau situs lain itupun gue googling dulu dan itu buat bahan –sebut aja- rujukan kalo-kalo postingan gue salah. Ya, meskipun udah pasti banyak banget yang ngepost dan gue baru post saat ini, gak apa-apalah ya, ini versi gue. Suka-suka gue. The world is mine (not yours) kan ya. hahaha
Nah begitulah, meskipun ada postingan lirik lagu yang sangat terlambat di posting. Kaya semacam lirik lagu tahun-tahun 2003 misalnya, baru gue posting saat ini, alesannya itu udah gue jabarin panjang-panjang. Jadi di baca baik-baik ya. males banget soalnya kalo gue di anggap newbie cuma gegara gue (sangat) telat ngepost.
Lirik-lirik yang gue post juga (kaya lirik lagu-lagu lama) itu kadang gue baru nemu lagunya. Semacam kaya kasus begini. Kaya lagunya Ha Dong Kyun yang Please Love Her itu. Awalnya gue gak tau Ha Dong Kyun dan gak tau lagu itu.  Gue baru tau lagu Please Love her itu juga gegara Leeteuk nyanyiin itu lagu di Sukira. Lagunya enak, gue cari tau dan ketemulah.
Kaya lagunya Lee Sora yang Please itu jug ague nemunya pas download lagu-lagu Taeyeon. Taeyeon pernah nyanyiin tu lagu. Awalnya gue kira itu lagunya Taeyeon, tapi pas di dengerin, itu Studio version dan akhirnya gue cari lagu asli dan penyanyi aslinya. Ketemulah sama Lee Sora.

Oke, sedikit gue jelasin juga, gue GAK TERKAIT DENGAN FANDOM MANAPUN. Gue NETRAL. Meskipun emang sih di blog gue ini desainnya EXO banget kan ya? itu karena emang gue suka banget sama EXO. Selain EXO, gue juga suka banget SUPER JUNIOR, SNSD, SHINee – ini kenapa yang di sebut anak SM Ent semua ya?- engga qo, gue gak hanya suka sama anak-anak SM Ent, gue juga suka banget 2pm, 2am yang mellow-mellow-ballad-galau, B2st, Miss A, Brown Eyed Girls, T-ara, dan banyak artis lainnya.
Kenapa gue suka banyak artis begitu? Kenapa gak focus sama salah satu dan masuk fandom resminya?
Perlukah gue jelasin lagi?
Yang udah tau gue di facebook tau lah sejarahnya ya.
Dulu gue pernah menobatkan diri menjadi fans salah satu artis Korea, gue gak mau sebut ya, gue males di bashing lagi soalnya. Gue menyebut diri gue fans resminya, gak usah di sebut juga nama fandomnya, sejujurnya gue gak mau bahas hal ini lagi. Tapi daripada salah paham, okelah gue bahas lagi. Gue fanatic banget lah sama artis itu dulu. Sekitar 2-3 tahunan gue di fandom itu. Lupa gue. Gue akhirnya mutusin mundur teratur alias keluar dari fandom itu. Engga keluar sih, tapi mengundurkan diri. Sama aja.
Alasannya, yang pertama gue selalu di katain labil sama orang-orang sefandom. Padahal jelas-jelas saat ada rumor atau hoax, gue yang bantu klarifikasi. Tapi gue tetep di katain labil. Sialan banget kan yang ngatain gue? Udah di bantuin klarifikasi masih aja bashing gue. Lucunya, setelah gue resmi mengundurkan diri, masih aja ada yang nanya sama gue soal kebenaran sebuah hoax dan gue kepaksa klarifikasi ampe gue kena bashing lagi. Sial.
Kedua, gue emang suka banget sama artis itu. Tapi hak gue kan buat menyukai artis lain selain artis itu. Kaya artis-artis yang gue sebutin itu misalnya. Di situ juga gue dikatain labil. Pembelaan gue, mereka yang bashing gue itu justru gak fleksibel. Tidak bisa menerima hal lain dan hanya terpacu pada sebuah hal. Statis. Egois. Sebenernya ada beberapa fakta yang gue temukan setelah penelitian secara gak langsung. Tapi gak usah di bahas lah ya, entar gue di bashing lagi. Udah males dengerin bashingan. Bosen. Intinya pasti ngatain gue labil. Padahal kalo aja pada tau gue apa dan siapa, masih bisakah mereka ngatain seorang PSIKOLOGI itu labil? Masih bisakah mereka membahas labil di depan seorang PSIKOLOG? Okesip, sorry gue sebutin –istilahnya- almamater major gue. Kelewat kesel soalnya. Nulis ini kata-kata berasa membuka luka lama euy. Hahaha makanya gue males bahas lagi juga karena ini LUKA LAMA.
Ketiga, gue ngerasa fandom itu bukanlah lagi jalan gue. Pengennya emang gue tetep bertahan dan rasa cinta gue sama artis itu tidak berkurang bahkan kalo inget perjuangan gue buat –gak usah di sebut- selama menjadi fans artis itu, gue juga bukan gak pengen bertahan. Tapi gue adalah tipikal orang yang emang gak begitu suka memaksakan dan dipaksakan. Karena menurut gue, kalo emang ini bukan lagi jalan gue, gue gak bisa memaksakan diri bertahan. Kalopun dipaksakan, gak nyaman juga buat guenya. Gue juga pengen hidup lebih bebas. Gak ada rasaterpaksa. Meskipun gue gak lagi di fandom itu, setidaknya gue masih bisa support artis favorit gue itu kan? Sangat fanatic tapi bukan berarti harus berada di fandomnya bukan? Banyak banget dukungan buat gue biar gue bertahan, tapi ya gue gak bisa terus berjalan di jalan yang emang bukan jalan gue lagi.
Ke empat, ini yang paling penting. Menjadi fans tanpa fandom bahkan silent fans. Menjadi fans yang lebih netral. Gak condong ke salah satu artis aja. Karena emang gue suka banyak artis dan kalo gue masuk fandom-fandom artis yang gue sukai itu, pasti aja gue di bashing dan dikatain labil lagi. Males. Bosen. Kayak gak ada pembahasan lain aja gitu selain fandom-labil-bashing. Gue terpikir, dari semenjak gue kenal K-pop juga kan gue gak punya fandom, gak tergabung sama fandom apapun. Bebas. Suka-suka gue. The world is mine (not yours). Nah dari situlah, tanpa terikat dengan salah satu fandom, gue bisa dengan bebas menyukai artis manapun. Kalo gue ada di salah satu fandom, kalo ada konflik, fanwar misalnya, gue kan musti belain yang gue pegang kan ya? Nah, gue gak suka yang begituan. Makanya gue netral aja. Gue gak suka rebut. Gue cinta damai. Dengan netral begini kan gue gak perlu merasa bertanggung jawab untuk turut membela fandom gue itu. Jadi, gue tegasin lagi ya, gue NETRAL.
Kalo misalnya gak punya fandom, kenapa design blog nya EXO banget?
Gue emang suka banget EXO, tapi gue ENGGA PERNAH menobatkan diri berada di fandom EXO. Karena gue pengen netral aja. Biarlah gue suka banget sama EXO meskipun gue engga pernah menyatakan diri berada di fandomnya. Emang sih, sempat terpikir pengen punya fandom lagi dan masuk ke fandom EXO, tapi gue masih agak-agak parno dan sakit hati kalo bawa-bawa fandom. Jadi, gue NETRAL ya. sSuka-suka gue, gue mau suka ama siapapun. The world is mine (not yours).

Nah itu soal lirik lagu ya, kita berlanjut lagi ke blog ini. Setelah gue putuskan, blog ini engga hanya akan membahas lirik lagu aja. Tetapi gue juga mau ngepost FF karya gue dan FF hasil kolaborasi gue sama orang-orang terdekat gue, ngepost informasi, cerita, keisengan gue baca karakter artis, fakta, profile, quotes, sharing, berbagi pengalaman, review, dan hal lain nya. Pokoknya seenak hati gue lah mau ngepost apa aja di blog ini. Ini blog gue, terserah gue. Suka-suka gue. The world is mine (not yours) intinya.


Udah kepanjangan banget ya ini gue cerita?
Okesip, gue bagi 2 part aja ya. Next posting, gue bahas soal design blog ini lebih lanjut dan mengapa gue make nama JH_Nimm dan make kata-kata The world is mine (not yours) terus yang terkesan gue emang punya dunia sendiri begitu kan ya?

Gue minta maaf kalo semisal ada kata kata gue di postingan ini yang bikin tersinggung, bikin gak enak. Itu semata-mata kekhilafan gue saat memposting dan seperti yan gue bilang, ada beberapa part dimana gue masih kebawa ngenes saat menceritakan hal-hal yang memang membuat gue sakit hati di masalalu. Okesip, intinya gue minta maaf kalo ada salah-salah kata.
Ketemu lagi di postingan selanjutnya.

Nah, untuk kemajuan blog ini juga, gue minta saran dan kritik nya, GAK USAH pake bashing tapinya ya. Kalo bashing apalagi pake kata-kata kasar, engga akan gue dengerin soalnya. Gue gak butuh bashingan dan caci maki. Gue butuh saran dan kritik yang membangun, BUKAN menjatuhkan.
Terima kasih banget buat yang udah berkunjung ke blog ini, hope all of you enjoy this blog


*hide*


Comments

Popular This Week

시그리스빌 (Sigriswil) (Full Ver.) - 김경희 (Kim Kyung Hee of 에이프릴세컨드/April 2nd) [Crash Landing on You OST]

Just for a while, I'm pretending like I'm still in the place we were I was there for you you were there for me we know Day will come and go again No matter where No matter how Wandering about in strange night Won't you be here by me? Now I hold your hands With you I feel alright (How does it feel?) It's been a long day or night How does it feel my friend? It's been a long day or night Just for a night I dreamed about the times we had back in the day I was there for you You were there for me We know ------- Source: genie

Popular All the Time

ONESHOOT = 아직은 안녕 우린 안돼요/ We can’t Separated Yet

아직은 안녕 우린 안돼요 We can’t Separated Yet Black Romance present special JH_Nimm’s birthday 2 A story by JH_Nimm ( http://jh-nimm.blogspot.com , http://www.twitter.com/JH_Nimm ) Title: 아직은 안녕 우린 안돼요 Also known as: We can’t Separated Yet Genre: Romance, Sad, Hurt, Family Rating : T Length : Oneshoot Disclaimer: Ini FF murni hasil dari pemikiran saya dan bukan hasil plagiat. So , jangan di Co-Pas seenak jidat, jangan di re-share tanpa seizin saya dan jangan di plagiat. Ini FF spesial ulang tahun saya. Like it, leave your comment, please… dislike it, don’t bashing, please… NO silent reader! Happy Reading… Gomawo…^^ Back sound      : Evanescence – My Immortal Main Cast: Lee Ji Hyeon EXO M’s Li Jia Heng (Kris) as Wu Yi Fan F(x)’s Victoria as Song Qian EXO M’s Luhan as Xi Lu Han Lee Jung Kwon Wu Xian Hua and other cast   = PROLOG = I want to learn all about you What do you like What do you dislike