[POSTINGAN SERIUS] Mengoptimalkan Cara Belajar
Hey hoo~ JH Nimm
is here…
Balik lagi dengan postingan yang tumben-tumbenan nih serius. Beneran
serius. Secara ini postingan bakalan ngebahas bagaimana mengoptimalkan cara
belajar. Yang pelajar, mahasiswa (kayak gue) dan dosen atau guru atau orang
awam bahkan pedagang pun boleh membaca postingan ini. Dengan kata lain, SIAPAPUN BOLEH MEMBACA POSTINGAN INI.
GRATIS!!!! Kalo dapet yang gratisan pasti pada seneng yah…
Okesip, ini adalah sebuah postingan yang sengaja gue tulis. Di postingan
ini (bisa di sebut) hasil belajar atau apa yang gue dapet selama gue berada di Fakultas Psikologi. Yah secara langsung
gak langsung sih. Yang padahal sebenernya mungkin pernah gue aplikasikan juga
di kehidupan gue yang lalu cuma aja gue yang gak nyadar.
Di sini, gue bakalan ngebahas Mengoptimalkan Cara Belajar, itu
judulnya sih, tapi isinya ya silakan di baca aja dah…
Gue gak bakalan bawa-bawa teori-teori yang gue dapet, secara
setiap orang dan para ahli memiliki beberapa cara dan pandangan tersendiri,
kan? Jadi ya ini pure menurut gue. Setuju
atau enggaknya ya terserah nanti setelah baca postingan ini bagaimana respon
kalian. But NEVER BASHING ON THIS BLOG! Alias gue gak nerima bashing di blog ini, karena blog gue BUKAN tempat bashing. Tapi tempat sharing.
Yang mau bashing, go away aja
sekarang juga! Ini sengaja gue tegasin di awal, soalnya kayak biasa lah gue
males denger yang bashing dan
ngerusak lapak gue.
Oke balik ke topik semula ya, karena ini menurut gue, jadi ini
pakenya bahasa gue ya…
Seperti yang udah kita tau, kalo tiap-tiap individu itu pastinya
punya cara belajar dan memahami yang berbeda-beda. Yang paling umum dan yang
paling tenar itu menurut gue adalah yang Visual, Auditori sama Kinestetik.
Pertama kalinya gue dikenalkan sama 3 hal itu sama Guru Matematika gue waktu
SMA. Beliau juga yang ngajarin gue latihan menyeimbangkan otak kiri sama otak
kanan. Makanya gue berterimakasih banget sama Guru Matematika gue itu karena
mengenalkan gue sama 3 hal itu.
Sekilas gue kasih penjelasan soal tipe Visual, Auditori, Kinestetik
itu.
1. Visual
Visual itu kan udah pada tau
semua ada hubungannya sama penglihatan ya. Orang dengan tipe Visual itu bila
belajar, bakalan lebih gampang inget kalo ada gambar dan warna-warna tertentu. Jadi
kalo ada gambar atau warna tulisan yang berwarna-warni, orang visual akan
menerjemahkannya sebagai penanda atau ciri dari pelajaran yang tengah ia
pelajari.
Gak hanya gambar atau tulisan
aja, orang-orang visual juga bakalan gampang inget kalo di kasih bagan atau
skema.
Suka ada kan orang-orang di
sekitar kita yang dia bakalan baru inget kalo misalnya ngapalin pake gambar
atau semisal orang-orang yang lagi ngerangkum dia pake tinta yang warnanya
beda-beda?
Trus suka liat juga kan ada
orang yang suka gambarin macem-macem yang unik dan aneh di bukunya gitu?
Atau juga suka liat orang-orang
yang suka pake highlight alias stabillo
di beberapa line buku pegangannya?
Nah, orang-orang tersebut lah
yang bisa dikategorikan sebagai orang dengan tipe Visual.
Tapi tipe Visual itu kekurangannya
menurut gue adalah kadang suka ada yang terlalu terpaku sama gambar/ skema. Soalnya
buat yang gak maksimal, suka blank
aja gitu pas di kasih yang beda dari apa yang di lihatnya.
2. Auditori
Udah tau juga kalo bawa-bawa
kata audio pasti ada hubungannya dengan pendengaran kan?
Nah orang dengan tipe auditori
itu lebih gampang inget kalo semisal dia mendengarkan. Jadi, orang-orang tipe
auditori itu akan lebih gampang inget sama apa yang didengarnya.
Sayangnya, orang-orang auditori
itu fokusnya gampang buyar. Apalagi kalo denger suara lain. Bahkan kesulitan
orang auditori yang paling besar itu adalah memilih mana yang harus dia
dengarkan.
Bayangkan, ketika guru atau
dosen lagi ngejelasin di depan, nah temen-temen di samping orang-orang auditori
itu malahan sibuk ngobrol gak merhatiin guru/ dosen, orang auditori harus
memilih mana yang harus dia dengarkan.
Orang auditori juga terkadang
kesulitan buat konsentrasi kalo di sekitarnya ada yang rebut atau berisik.
3. Kinestetik
Kinestetik itu kan identik
dengan gerakan ya, menurut gue sih. Gue inget Energi Kinetik di pelajaran
Fisika soalnya.
Nah orang-orang tipe Kinestetik
itu bukan berarti harus banyak bergerak, tapi setidaknya dia bergerak atau ada
gerakan lah pas lagi merhatiin dosen/ guru. Soalnya kalo pake gerakan, orang
kinestetik bisa lebih gampang inget. Makanya orang-orang tipe kinestetik pasti
lebih pinter praktikum. Soalnya kalo praktek, kan pastinya banyak gerak.
Tapi sayangnya, orang
kinestetik kadang lebih sulit inget kalo di suruh dengerin atau cuma ngeliat
aja. Harus sambil di praktekin.
Nah itu kan sekilas pemaparan soal Visual, Auditori sama Kinestetik,
sekarang bakalan gue bahas soal mengoptimalkan ketiganya. Versi gue ya. Karena ini
menurut gue dan berdasarkan pengalaman gue. Jadi ini ceritanya gue lagi
memproyeksikan diri gitu :3
Ini sebenernya suasananya lagi UTS, tapi gue bukannya ngapalin
malah nulis postingan blog. Kenapa?
Ada penjelasannya.
Menurut gue (lagi), kalo misalnya kita cuma ngandelin dari hasil
ngapalin aja, pasti gak bakalan awet tuh. Ya yang namanya juga hasil hafalan
lah, bisa dan gampang di lupain bahkan sifatnya gak permanen. Maksudnya gini
lho, ngapalin itu sifatnya cuma buat saat ini aja. Selebihnya tergantung
bagaimana cara masing-masing individu mengingat dan bagaimana kemampuan
mengingat dari masing-masing individu.
Ngapalin itu cepet luntur lho. Misalnya, kita ngapalin nih
malem-malem dari jam 7 sampe jam 10. Ngapalin buat besok ujian gitu. Pokoknya udah
100% poll yang kita inget lah. Tapi pake aja tidur dan besoknya pas bangun,
tinggal 80% yang kita inget. Trus mandi sama siap-siap, sarapan, tinggal 70%,
jalan ke sekolah/ kampus tinggal 50%, nunggu bel masuk tinggal 40%, masuk plus
deg-degan tinggal 30%, begitu liat soal, shock,
luntur lah semuanya yang kita apalin malem-malem itu.
Jadi menurut gue sih, bukannya gak boleh ngapalin, tapi pake lah
si ngapalin itu sebagai review atau
mengingat-ingat, flash back dari apa
yang telah kita pelajari sebelumnya.
Anjuran dari gue sih, baiknya kita memahami.
Kalo di suruh memahami pastinya ada proses memperhatikan apa
yang guru/ dosen jelaskan kan?
Sedangkan susah banget gitu buat merhatiin guru/ dosen karena ke
bawa temen kita yang lagi ngobrol atau kebawa galau bahkan misalnya. Apalagi kalo
yang lagi jatuh cinta pasti ingetnya I
lost my mind neoreul cheoeum mannasseul ddae kayak EXO begitu kan? Pokoknya
selalu ada aja hal-hal yang biki kita lose
concentration kan ya.
Cara dari gue, pertama-tama, lupakan dulu sejenak masalah
ataupun hal-hal yang mengerubuti pikiran sejak keluar dari rumah, kalo bisa
sih. Tapi gak apa-apa juga kalo semisal ngelupain atau ngebungkus
masalah-masalah yang ngebebanin itu sejenak lah. Asal pas masuk kelas tujuannya
siap belajar aja dulu. Soalnya kan semuanya berawal dari niat. Kalo udah niat,
kan selalu ada aja yang biki lancar. Ya meskipun pasti ada aja yang bikin
susah. Tapi di sini lah kita di tuntut buat memberikan stimulus dan energi positif
buat diri kita. Ya kalo gak di mulai dari diri kita sendiri, siapa lagi. Mikirnya
coba gitu aja dulu. Sejenak lah.
Setelah si masalah-masalah itu di bungkus, coba kita buka
lembaran impian-impian kita. Setiap orang pasti banget lah punya impian
masing-masing dan siapa pun pengen impian-impian tersebut terwujud kan?
Ketika rasa males mulai menjalar, coba deh, pikirin lagi apa
yang menjadi impian kita, apa yang menjadi impian orang tua dan orang-orang
yang kita sayangi. Setiap orang juga pasti pengen sukses alias berhasil kan? Nah
jadikan impian-impian itu sebagai motivasi biar kita gak males.
Kalo masalah di bungkus, males ilang dan ada motivasi, tinggal
gimana belajarnya nih.
Cara biar fokus dan meraih hasil yang (Insya Allah) maksimal.
Sepengalaman gue sih ya, cara belajar gue itu jujur aja
amburadul bahkan gue paling males di suruh ngapalin. Tapi ada cara-cara yang
secara sadar gak sadar gue terapkan dan itu gak terlepas dari Visual,
Auditori sama Kinestetik itu.
Gue termasuk tipe auditori, makanya pas pemaparan sekilas
pengertian soal auditori itu sebenernya gue curhat. Secara gue sendiri yang
ngerasain. Pernah nih ya, pas dosen lagi serius ngejelasin, kebetulan gue dapet
duduknya di belakang, temen yang duduk di sebelah gue sialan banget lah dia
malah asyik curhat yang endingnya bikin gue gak konsen. Mana suaranya lebih
keras daripada suara dosen di depan. Alhasil gue buyar. Untung aja gak ada
kuis.
Terus pernah juga ini pas mata kuliah yang 3 SKS lagi, kan yang
3 SKS itu semacam tuntutan harus dapet A, kalo dapet C harus ngulang soalnya. Ini
sialan banget lah, gue udah duduk di depan dan siap merhatiin dosen, tapi di
luar kelas, ada keributan yang ngobrolnya kenceng lah, yang nyapa temennya lah,
yang ketawanya kenceng. Aduh, itu gue udah ngenes aja. Soalnya yang dosen
jelasin yang masuk cuma dikit-dikit.
Itulah kelemahan gue sebagai tipe auditori.
Tapi meskipun kelemahan gue itu pasti buyar kalo ada suara lain
selain suara dosen, gue beneran seneng banget kalo dosen jelasin atau ada temen
yang bacain buat gue. Soalnya pas dosen jelasin lah, biasanya kita lebih paham
dengan pelajaran yang lagi di bahas. Trus buat temen yang bacain atau sharing ama temen itu gue pake buat review dari apa yang dosen sampein dan
itu membuat gue semakin paham.
Kalo pemahaman udah gue dapet pas ngedengerin dosen atau sharing ama temen, tinggal pake
kinestetik. Identik dengan gerak. Pas sharing atau dengerin dosen itu, jangan cuma
duduk manis dan terdiam. Tapi sedikitnya buat gerakan-gerakan kecil dengan
mainin pulpen atau gerak-gerakin kaki, benerin posisi duduk atau gerakan kecil
lalinnya. Tujuannya di sini, kalo gue sih biar enggak terlalu tegang. Jadi,
telinga kita fokus mendengarkan, tetep konsentrasi dan ke kitanya juga enggak
jadi tegang. Seenggaknya gue juga bisa inget lah, saat gue bikin gerakan kecil
itu, dosen lagi jelasin apa.
Setelah paham lewat kemampuan auditori, gak terlalu tegang pake
kemampuan kinestetik, sekarang maenannya tinggal visual.
Sembari dengerin dosen dan bikin gerakan-gerakan kecil itu juga,
kan pastinya setiap orang ada lah buku pegangan atau buku referensi yang selalu
di bawa dan di BUKA juga di BACA pas sekolah/ perkuliahan. Nah, ada beberapa
materi tambahan yang dosen/ guru jelasin kan?
Materi tambahan itu, kan pasti kita dengerin, yang kita dapet
itu lah, tulis di buku pegangan itu dengan tinta yang berwarna. Jangan warna
hitam atau biru. Soalnya kalo hitam kan emang biasanya warna teks nya juga
hitam, kalo biru juga udah terlalu biasa dan emang sering kita pake nulis buat
yang lain juga termasuk nulis curhatan kan? Jadi sebisa mungkin pake tinta
warna pink, ungu, hijau atau warna-warna lain yang cerah dan emang gak bikin
tegang juga bisa bikin kita ngeh bahwa itu adalah penanda sebuah materi
penting.
Di beberapa line paragraph dari materi yang lagi di jelasin,
jangan cuma pake highlight alias stabillo aja, tapi kasih tanda atau
gambar-gambar unik dan aneh yang cuma kita aja yang ngerti. Barulah pas ada
yang nanya, “gambar ini maksudnya apaan sih?”, kita jelasin itu gambar penanda
dan yang bikin inget ketika dosen/guru jelasin materinya.
Selain di buku pas pembelajaran/ perkuliahan itu, pengaplikasian
ketiga kemampuan tersebut bisa di pake pas ujian.
Setiap lembar ujian pastinya ada kata-kata petunjuk, “Bacalah
soal dengan teliti…..”
Usahakan, setiap di kasih soal itu, BACA JUGA PETUNJUKNYA DENGAN
TELITI. Soalnya biar gak salah ngejawab. Kalo gak di baca kan, petunjuknya A,
nah kita ngejawabnya cara B yang gak tercantum di petunjuk, kan gawat.
Jadi. Petunjuk Soal lah yang sebenernya menentukan hidup dan
mati. Sadar enggak sadar.
Usahain juga, pas ngejawab, jangan langsung pake pulpen yang
permanen, tapi pake pensil dulu, biar gampang di hapus kalo pun salah ngejawab.
Kalo pake Lembar Jawab Komputer alias LJK, kasih tanda aja dulu di pilihan yang
menurut kita bener.
Nanti pas meriksa ulang, tinggal hapus dan ganti, kalo pake
pensil dulu.
Dan MEMERIKSA KEMBALI JAWABAN itu penting lho.
Setelah dapet soal, baca dengan teliti.
Lingkari atau kasih garis bawah kata-kata penting yang bikin
kita inget sama materi yang pernah di sampein guru/dosen. Gak apa-apa lah itu
soal di curat-coret. Inget satu kata aja, ngaruh buat kata-kata berikutnya,
kan?
Kalo dapet soal Pilihan Ganda alias PG, kasih tanda X atau tanda
apa di pilihan-pilihan yang menurut kita salah atau enggak sesuai.
Kalo dapet soal Benar Salah, lingkarin beberapa kata yang enggak
sesuai atau yang bikin kita inget sama jawaban yang menurut kita bener.
Kalo dapet essay, langsung jawab aja, tapi liat inti pertanyaan
dan petunjuknya juga.
Kalo dapet skema, isi dulu yang kita inget.
Gitu aja sih… semuanya juga tau, kan?
Tapi yang penting itu tetep MEMERIKSA KEMBALI JAWABAN SEBELUM DI
KUMPULKAN.
Di sini lah kita di tuntut me-manage
waktu.
Misalnya di soal tercantum waktunya 90 menit, 10-20 menit terakhir,
usahain buat meriksa lagi jawaban. Soalnya biasanya kan ke buru pengen cepet
selesai apalagi kalo udah liat ada yang ngumpulin duluan. Sebenernya anggap aja
itu godaan. Pas ujian, setiap menit itu berarti. Lumayan kan waktu 20 menit di
pake buat meriksa kembali, kalau-kalau ada yang salah atau baru tiba-tiba inget
jawaban paling tepat kan masih ada celah untuk ‘menyelamatkan diri’ daripada
grasa-grusu taunya tenggelam. Siapa yang mau nyelametin kalo bukan kita
sendiri?
Ya gitu aja sih…
Semoga postingan ini memberikan dampak positif bagi siapapun
yang membacanya.
Maaf banget kalo ada salah-salah kata atau ada yang bikin
tersinggung.
Aku hanyalah manusia biasa yang tak luput dari khilaf tapi tidak
ada toleransi buat yang bashing,
silakan GO AWAY.
Ja~
Comments
Post a Comment