Skip to main content

[POSTINGAN SERIUS] Mengoptimalkan Cara Belajar



[POSTINGAN SERIUS] Mengoptimalkan Cara Belajar

By JH_Nimm




Hey hoo~ JH Nimm is here…

Balik lagi dengan postingan yang tumben-tumbenan nih serius. Beneran serius. Secara ini postingan bakalan ngebahas bagaimana mengoptimalkan cara belajar. Yang pelajar, mahasiswa (kayak gue) dan dosen atau guru atau orang awam bahkan pedagang pun boleh membaca postingan ini. Dengan kata lain, SIAPAPUN BOLEH MEMBACA POSTINGAN INI. GRATIS!!!! Kalo dapet yang gratisan pasti pada seneng yah…

Okesip, ini adalah sebuah postingan yang sengaja gue tulis. Di postingan ini (bisa di sebut) hasil belajar atau apa yang gue dapet selama gue berada di Fakultas Psikologi. Yah secara langsung gak langsung sih. Yang padahal sebenernya mungkin pernah gue aplikasikan juga di kehidupan gue yang lalu cuma aja gue yang gak nyadar.

Di sini, gue bakalan ngebahas Mengoptimalkan Cara Belajar, itu judulnya sih, tapi isinya ya silakan di baca aja dah…

Gue gak bakalan bawa-bawa teori-teori yang gue dapet, secara setiap orang dan para ahli memiliki beberapa cara dan pandangan tersendiri, kan? Jadi ya ini pure menurut gue. Setuju atau enggaknya ya terserah nanti setelah baca postingan ini bagaimana respon kalian. But NEVER BASHING ON THIS BLOG! Alias gue gak nerima bashing di blog ini, karena blog gue BUKAN tempat bashing. Tapi tempat sharing. Yang mau bashing, go away aja sekarang juga! Ini sengaja gue tegasin di awal, soalnya kayak biasa lah gue males denger yang bashing dan ngerusak lapak gue.

Oke balik ke topik semula ya, karena ini menurut gue, jadi ini pakenya bahasa gue ya…

Seperti yang udah kita tau, kalo tiap-tiap individu itu pastinya punya cara belajar dan memahami yang berbeda-beda. Yang paling umum dan yang paling tenar itu menurut gue adalah yang Visual, Auditori sama Kinestetik. Pertama kalinya gue dikenalkan sama 3 hal itu sama Guru Matematika gue waktu SMA. Beliau juga yang ngajarin gue latihan menyeimbangkan otak kiri sama otak kanan. Makanya gue berterimakasih banget sama Guru Matematika gue itu karena mengenalkan gue sama 3 hal itu.

Sekilas gue kasih penjelasan soal tipe Visual, Auditori, Kinestetik itu.

1.   Visual
Visual itu kan udah pada tau semua ada hubungannya sama penglihatan ya. Orang dengan tipe Visual itu bila belajar, bakalan lebih gampang inget kalo ada gambar dan warna-warna tertentu. Jadi kalo ada gambar atau warna tulisan yang berwarna-warni, orang visual akan menerjemahkannya sebagai penanda atau ciri dari pelajaran yang tengah ia pelajari.
Gak hanya gambar atau tulisan aja, orang-orang visual juga bakalan gampang inget kalo di kasih bagan atau skema.
Suka ada kan orang-orang di sekitar kita yang dia bakalan baru inget kalo misalnya ngapalin pake gambar atau semisal orang-orang yang lagi ngerangkum dia pake tinta yang warnanya beda-beda?
Trus suka liat juga kan ada orang yang suka gambarin macem-macem yang unik dan aneh di bukunya gitu?
Atau juga suka liat orang-orang yang suka pake highlight alias stabillo di beberapa line buku pegangannya?
Nah, orang-orang tersebut lah yang bisa dikategorikan sebagai orang dengan tipe Visual.
Tapi tipe Visual itu kekurangannya menurut gue adalah kadang suka ada yang terlalu terpaku sama gambar/ skema. Soalnya buat yang gak maksimal, suka blank aja gitu pas di kasih yang beda dari apa yang di lihatnya.

2.   Auditori
Udah tau juga kalo bawa-bawa kata audio pasti ada hubungannya dengan pendengaran kan?
Nah orang dengan tipe auditori itu lebih gampang inget kalo semisal dia mendengarkan. Jadi, orang-orang tipe auditori itu akan lebih gampang inget sama apa yang didengarnya.
Sayangnya, orang-orang auditori itu fokusnya gampang buyar. Apalagi kalo denger suara lain. Bahkan kesulitan orang auditori yang paling besar itu adalah memilih mana yang harus dia dengarkan.
Bayangkan, ketika guru atau dosen lagi ngejelasin di depan, nah temen-temen di samping orang-orang auditori itu malahan sibuk ngobrol gak merhatiin guru/ dosen, orang auditori harus memilih mana yang harus dia dengarkan.
Orang auditori juga terkadang kesulitan buat konsentrasi kalo di sekitarnya ada yang rebut atau berisik.

3.   Kinestetik
Kinestetik itu kan identik dengan gerakan ya, menurut gue sih. Gue inget Energi Kinetik di pelajaran Fisika soalnya.
Nah orang-orang tipe Kinestetik itu bukan berarti harus banyak bergerak, tapi setidaknya dia bergerak atau ada gerakan lah pas lagi merhatiin dosen/ guru. Soalnya kalo pake gerakan, orang kinestetik bisa lebih gampang inget. Makanya orang-orang tipe kinestetik pasti lebih pinter praktikum. Soalnya kalo praktek, kan pastinya banyak gerak.
Tapi sayangnya, orang kinestetik kadang lebih sulit inget kalo di suruh dengerin atau cuma ngeliat aja. Harus sambil di praktekin.


Nah itu kan sekilas pemaparan soal Visual, Auditori sama Kinestetik, sekarang bakalan gue bahas soal mengoptimalkan ketiganya. Versi gue ya. Karena ini menurut gue dan berdasarkan pengalaman gue. Jadi ini ceritanya gue lagi memproyeksikan diri gitu :3

Ini sebenernya suasananya lagi UTS, tapi gue bukannya ngapalin malah nulis postingan blog. Kenapa?
Ada penjelasannya.
Menurut gue (lagi), kalo misalnya kita cuma ngandelin dari hasil ngapalin aja, pasti gak bakalan awet tuh. Ya yang namanya juga hasil hafalan lah, bisa dan gampang di lupain bahkan sifatnya gak permanen. Maksudnya gini lho, ngapalin itu sifatnya cuma buat saat ini aja. Selebihnya tergantung bagaimana cara masing-masing individu mengingat dan bagaimana kemampuan mengingat dari masing-masing individu.
Ngapalin itu cepet luntur lho. Misalnya, kita ngapalin nih malem-malem dari jam 7 sampe jam 10. Ngapalin buat besok ujian gitu. Pokoknya udah 100% poll yang kita inget lah. Tapi pake aja tidur dan besoknya pas bangun, tinggal 80% yang kita inget. Trus mandi sama siap-siap, sarapan, tinggal 70%, jalan ke sekolah/ kampus tinggal 50%, nunggu bel masuk tinggal 40%, masuk plus deg-degan tinggal 30%, begitu liat soal, shock, luntur lah semuanya yang kita apalin malem-malem itu.
Jadi menurut gue sih, bukannya gak boleh ngapalin, tapi pake lah si ngapalin itu sebagai review atau mengingat-ingat, flash back dari apa yang telah kita pelajari sebelumnya.
Anjuran dari gue sih, baiknya kita memahami.
Kalo di suruh memahami pastinya ada proses memperhatikan apa yang guru/ dosen jelaskan kan?
Sedangkan susah banget gitu buat merhatiin guru/ dosen karena ke bawa temen kita yang lagi ngobrol atau kebawa galau bahkan misalnya. Apalagi kalo yang lagi jatuh cinta pasti ingetnya I lost my mind neoreul cheoeum mannasseul ddae kayak EXO begitu kan? Pokoknya selalu ada aja hal-hal yang biki kita lose concentration  kan ya.

Cara dari gue, pertama-tama, lupakan dulu sejenak masalah ataupun hal-hal yang mengerubuti pikiran sejak keluar dari rumah, kalo bisa sih. Tapi gak apa-apa juga kalo semisal ngelupain atau ngebungkus masalah-masalah yang ngebebanin itu sejenak lah. Asal pas masuk kelas tujuannya siap belajar aja dulu. Soalnya kan semuanya berawal dari niat. Kalo udah niat, kan selalu ada aja yang biki lancar. Ya meskipun pasti ada aja yang bikin susah. Tapi di sini lah kita di tuntut buat memberikan stimulus dan energi positif buat diri kita. Ya kalo gak di mulai dari diri kita sendiri, siapa lagi. Mikirnya coba gitu aja dulu. Sejenak lah.
Setelah si masalah-masalah itu di bungkus, coba kita buka lembaran impian-impian kita. Setiap orang pasti banget lah punya impian masing-masing dan siapa pun pengen impian-impian tersebut terwujud kan?
Ketika rasa males mulai menjalar, coba deh, pikirin lagi apa yang menjadi impian kita, apa yang menjadi impian orang tua dan orang-orang yang kita sayangi. Setiap orang juga pasti pengen sukses alias berhasil kan? Nah jadikan impian-impian itu sebagai motivasi biar kita gak males.

Kalo masalah di bungkus, males ilang dan ada motivasi, tinggal gimana belajarnya nih.
Cara biar fokus dan meraih hasil yang (Insya Allah) maksimal.

Sepengalaman gue sih ya, cara belajar gue itu jujur aja amburadul bahkan gue paling males di suruh ngapalin. Tapi ada cara-cara yang secara sadar gak sadar gue terapkan dan itu gak terlepas dari Visual, Auditori sama Kinestetik itu.

Gue termasuk tipe auditori, makanya pas pemaparan sekilas pengertian soal auditori itu sebenernya gue curhat. Secara gue sendiri yang ngerasain. Pernah nih ya, pas dosen lagi serius ngejelasin, kebetulan gue dapet duduknya di belakang, temen yang duduk di sebelah gue sialan banget lah dia malah asyik curhat yang endingnya bikin gue gak konsen. Mana suaranya lebih keras daripada suara dosen di depan. Alhasil gue buyar. Untung aja gak ada kuis.
Terus pernah juga ini pas mata kuliah yang 3 SKS lagi, kan yang 3 SKS itu semacam tuntutan harus dapet A, kalo dapet C harus ngulang soalnya. Ini sialan banget lah, gue udah duduk di depan dan siap merhatiin dosen, tapi di luar kelas, ada keributan yang ngobrolnya kenceng lah, yang nyapa temennya lah, yang ketawanya kenceng. Aduh, itu gue udah ngenes aja. Soalnya yang dosen jelasin yang masuk cuma dikit-dikit.
Itulah kelemahan gue sebagai tipe auditori.

Tapi meskipun kelemahan gue itu pasti buyar kalo ada suara lain selain suara dosen, gue beneran seneng banget kalo dosen jelasin atau ada temen yang bacain buat gue. Soalnya pas dosen jelasin lah, biasanya kita lebih paham dengan pelajaran yang lagi di bahas. Trus buat temen yang bacain atau sharing ama temen itu gue pake buat review dari apa yang dosen sampein dan itu membuat gue semakin paham.

Kalo pemahaman udah gue dapet pas ngedengerin dosen atau sharing ama temen, tinggal pake kinestetik. Identik dengan gerak. Pas sharing atau dengerin dosen itu, jangan cuma duduk manis dan terdiam. Tapi sedikitnya buat gerakan-gerakan kecil dengan mainin pulpen atau gerak-gerakin kaki, benerin posisi duduk atau gerakan kecil lalinnya. Tujuannya di sini, kalo gue sih biar enggak terlalu tegang. Jadi, telinga kita fokus mendengarkan, tetep konsentrasi dan ke kitanya juga enggak jadi tegang. Seenggaknya gue juga bisa inget lah, saat gue bikin gerakan kecil itu, dosen lagi jelasin apa.

Setelah paham lewat kemampuan auditori, gak terlalu tegang pake kemampuan kinestetik, sekarang maenannya tinggal visual.
Sembari dengerin dosen dan bikin gerakan-gerakan kecil itu juga, kan pastinya setiap orang ada lah buku pegangan atau buku referensi yang selalu di bawa dan di BUKA juga di BACA pas sekolah/ perkuliahan. Nah, ada beberapa materi tambahan yang dosen/ guru jelasin kan?
Materi tambahan itu, kan pasti kita dengerin, yang kita dapet itu lah, tulis di buku pegangan itu dengan tinta yang berwarna. Jangan warna hitam atau biru. Soalnya kalo hitam kan emang biasanya warna teks nya juga hitam, kalo biru juga udah terlalu biasa dan emang sering kita pake nulis buat yang lain juga termasuk nulis curhatan kan? Jadi sebisa mungkin pake tinta warna pink, ungu, hijau atau warna-warna lain yang cerah dan emang gak bikin tegang juga bisa bikin kita ngeh bahwa itu adalah penanda sebuah materi penting.
Di beberapa line paragraph dari materi yang lagi di jelasin, jangan cuma pake highlight alias stabillo aja, tapi kasih tanda atau gambar-gambar unik dan aneh yang cuma kita aja yang ngerti. Barulah pas ada yang nanya, “gambar ini maksudnya apaan sih?”, kita jelasin itu gambar penanda dan yang bikin inget ketika dosen/guru jelasin materinya.

Selain di buku pas pembelajaran/ perkuliahan itu, pengaplikasian ketiga kemampuan tersebut bisa di pake pas ujian.
Setiap lembar ujian pastinya ada kata-kata petunjuk, “Bacalah soal dengan teliti…..”
Usahakan, setiap di kasih soal itu, BACA JUGA PETUNJUKNYA DENGAN TELITI. Soalnya biar gak salah ngejawab. Kalo gak di baca kan, petunjuknya A, nah kita ngejawabnya cara B yang gak tercantum di petunjuk, kan gawat.
Jadi. Petunjuk Soal lah yang sebenernya menentukan hidup dan mati. Sadar enggak sadar.
Usahain juga, pas ngejawab, jangan langsung pake pulpen yang permanen, tapi pake pensil dulu, biar gampang di hapus kalo pun salah ngejawab. Kalo pake Lembar Jawab Komputer alias LJK, kasih tanda aja dulu di pilihan yang menurut kita bener.
Nanti pas meriksa ulang, tinggal hapus dan ganti, kalo pake pensil dulu.
Dan MEMERIKSA KEMBALI JAWABAN itu penting lho.

Setelah dapet soal, baca dengan teliti.
Lingkari atau kasih garis bawah kata-kata penting yang bikin kita inget sama materi yang pernah di sampein guru/dosen. Gak apa-apa lah itu soal di curat-coret. Inget satu kata aja, ngaruh buat kata-kata berikutnya, kan?

Kalo dapet soal Pilihan Ganda alias PG, kasih tanda X atau tanda apa di pilihan-pilihan yang menurut kita salah atau enggak sesuai.

Kalo dapet soal Benar Salah, lingkarin beberapa kata yang enggak sesuai atau yang bikin kita inget sama jawaban yang menurut kita bener.

Kalo dapet essay, langsung jawab aja, tapi liat inti pertanyaan dan petunjuknya juga.

Kalo dapet skema, isi dulu yang kita inget.

Gitu aja sih… semuanya juga tau, kan?
Tapi yang penting itu tetep MEMERIKSA KEMBALI JAWABAN SEBELUM DI KUMPULKAN.
Di sini lah kita di tuntut me-manage waktu.
Misalnya di soal tercantum waktunya 90 menit, 10-20 menit terakhir, usahain buat meriksa lagi jawaban. Soalnya biasanya kan ke buru pengen cepet selesai apalagi kalo udah liat ada yang ngumpulin duluan. Sebenernya anggap aja itu godaan. Pas ujian, setiap menit itu berarti. Lumayan kan waktu 20 menit di pake buat meriksa kembali, kalau-kalau ada yang salah atau baru tiba-tiba inget jawaban paling tepat kan masih ada celah untuk ‘menyelamatkan diri’ daripada grasa-grusu taunya tenggelam. Siapa yang mau nyelametin kalo bukan kita sendiri?


Ya gitu aja sih…
Semoga postingan ini memberikan dampak positif bagi siapapun yang membacanya.
Maaf banget kalo ada salah-salah kata atau ada yang bikin tersinggung.
Aku hanyalah manusia biasa yang tak luput dari khilaf tapi tidak ada toleransi buat yang bashing, silakan GO AWAY.



Ja~



 

Comments

Popular This Week

시그리스빌 (Sigriswil) (Full Ver.) - 김경희 (Kim Kyung Hee of 에이프릴세컨드/April 2nd) [Crash Landing on You OST]

Just for a while, I'm pretending like I'm still in the place we were I was there for you you were there for me we know Day will come and go again No matter where No matter how Wandering about in strange night Won't you be here by me? Now I hold your hands With you I feel alright (How does it feel?) It's been a long day or night How does it feel my friend? It's been a long day or night Just for a night I dreamed about the times we had back in the day I was there for you You were there for me We know ------- Source: genie

Popular All the Time

ONESHOOT = 아직은 안녕 우린 안돼요/ We can’t Separated Yet

아직은 안녕 우린 안돼요 We can’t Separated Yet Black Romance present special JH_Nimm’s birthday 2 A story by JH_Nimm ( http://jh-nimm.blogspot.com , http://www.twitter.com/JH_Nimm ) Title: 아직은 안녕 우린 안돼요 Also known as: We can’t Separated Yet Genre: Romance, Sad, Hurt, Family Rating : T Length : Oneshoot Disclaimer: Ini FF murni hasil dari pemikiran saya dan bukan hasil plagiat. So , jangan di Co-Pas seenak jidat, jangan di re-share tanpa seizin saya dan jangan di plagiat. Ini FF spesial ulang tahun saya. Like it, leave your comment, please… dislike it, don’t bashing, please… NO silent reader! Happy Reading… Gomawo…^^ Back sound      : Evanescence – My Immortal Main Cast: Lee Ji Hyeon EXO M’s Li Jia Heng (Kris) as Wu Yi Fan F(x)’s Victoria as Song Qian EXO M’s Luhan as Xi Lu Han Lee Jung Kwon Wu Xian Hua and other cast   = PROLOG = I want to learn all about you What do you like What do you dislike